NH

Senin, 20 Juli 2015

Laporan Bankom RAPI Sukoharjo 2015

LAPORAN KEGIATAN
BANTUAN KOMUNIKASI LEBARAN 2015
RAPI WILAYAH 20 KABUPATEN SUKOHARJO


I.
PENDAHULUAN


Bantuan Komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang Anggota RAPI atau Organisasi RAPI untuk melakukan bantuan dengan menggunakan perangkat KRAP.


Kegiatan Bantuan Komunikasi dapat dilakukan setiap saat oleh Anggota RAPI apabila dibutuhkan oleh masyarakat atau instansi tertentu.


Personil yang bertugas pada Bantuan Komunikasi adalah Anggota RAPI yang secara langsung melakukan kegiatan Bankom baik itu secara pribadi maupun Organisasi.


Jaring Komunikasi adalah bagan jaringan kerja Bankom yang dibuat untuk memudahkan komunikasi dengan menggunakan perangkat KRAP.


Operating Procedure, adalah Tata cara penyampaian berita secara singkat, jelas, tepat dan bertanggung jawab.


Personil yang bertugas pada Bantuan Komunikasi harus menggunakan Pakaian Seragam, atau menggunakan atribut RAPI atau identitas RAPI.


Laporan tertulis adalah data tertulis yang disampaikan dalam kegiatan Bantuan Komunikasi untuk membuktikan bahwa seorang Anggota RAPI telah melakukan penyampaian berita dengan menggunakan perangkat KRAP.





II.
DASAR


1.
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga RAPI.


2.
Surat Tugas Kegiatan Organisasi (STKO) Pengurus Provinsi RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah Nomor : 151.02.11.0615 Tanggal 10 Juni 2015





III.
PERSONALIA


Penanggung Jawab : Ketua RAPI Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo


Koordinator : Wakil Ketua RAPI Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo
                      Ka. Bag. Publikasi & Operasional RAPI Wil. 20 Kabupaten Sukoharjo


Tim Kerja berjumlah 18 (delapan belas) orang, sebagai berikut :


JZ11API
Didik Supriyono
JZ11BRM
Sri Mulyadi, ST
JZ11BTF
Joko Sutrisno
JZ11CTR
Andi Supardi
JZ11FGZ
Hartono
JZ11GBT
Hendro Wiweko
JZ11GZF
Didik Purnomo
JZ11IUS
Sigit Supriyadi
JZ11JVA
Bambang T, SPd
JZ11KCG
Tri Mulyanto
JZ11KII
Untung Suprapto
JZ11OJR
YB Widodo
JZ11PMB
Santosa
JZ11PMZ
Drs. Gangsar Darmana
JZ11PWS
Bambang Setiyono
JZ11TTD
Sukadi
JZ11TTT
Sutoto, SH
JZ11TUD
Muktar Efendi





IV.
MAKSUD DAN TUJUAN


a.
Bantuan Komunikasi sebagai sarana mewujudkan partisipasi dan semangat pengabdian Anggota, sekaligus menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara, dan oleh karena itu harus ditata secara benar.


b.
Maksud kegiatan Bankom adalah agar terwujud kesamaan visi, misi dan keseragaman penyelenggaraan Bantuan Komunikasi.


c.
Tujuannya adalah tertatanya pranata Organisasi yang menjadi Pedoman bagi segenap jajaran organisasi RAPI, dan dalam penyelenggaraan Bankom diharapkan terjalin hubungan yang harmonis antara Anggota RAPI dengan Warga masyarakat ataupun instansi Pemerintah yang membutuhkan.





V.
WAKTU KEGIATAN


H – 5 dan H +2/Minggu 12 Juli 2015 – Minggu 19 Juli 2015





VI.
LOKASI


Jl. Raya Kartasura – Boyolali ( Barat Tugu Kartasura ) Kertonatan, Kartasura, Sukoharjo





VII.
SARANA PRASARANA DAN PERLENGKAPAN


Sarana Prasarana dan perlengkapan yang dipergunakan (terlampir)






VIII.
BEAYA


Beaya Bantuan Komunikasi Lebaran 2015 diperoleh dari bantuan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo (terlamapir).





IX.
 EVALUASI


  1. Kegiatan Pendukung


Sebelum pelaksanaan Bantuan Komunikasi Lebaran 2015 diselenggarakan kegiatan pendukung 10.98 Spesial RAPI Wilayah Kabupaten Sukoharjo pada tanggal 8 – 11 Juli 2015, dengan 20 doorprice terdiri dari 16 pulsa @ Rp. 20.000,-, 3 Antenna Telex Hygain untuk 3 Pemenang, 1 HT Dual Band.


  1. Penggunaan Frekuensi Kerja


a)      Secara umum dari keseluruhan kegiatan Bankom Lebaran 2015, penggunaan Frekuensi Koordinasi RAPI Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo-JZ11ZWT pada 143.500 MHz dan Repeater ( 10.80 ) RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah 2-JZ11ZRD2 Candi Cetho pada Frekuensi RX : 143.570 MHz RX : 142.020 MHz sebagai Frekuensi Bankom Lebaran 2015 berfungsi secara baik, dipergunakan dengan tertib dan lancar serta tidak ada gangguan terhadap frekuensi tersebut.


b)      Penggunaan 10.28 dan Kode 10 pada Frekuensi Koordinasi RAPI Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo-JZ11ZWT pada 143.500 MHz dan Repeater ( 10.80 ) RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah 2-JZ11ZRD2 Candi Cetho pada Frekuensi RX : 143.570 MHz RX : 142.020 MHz sebagai Frekuensi Bankom Lebaran 2015 sangat baik.


c)       Partisipasi dari rekan-rekan Anggota RAPI  Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo dan rekan-rekan dari Kabupaten/Kota se-Solo Raya sangat positif, dan sangat membantu sekali terhadap pemantauan dan memandu rekan-rekan yang datang dari luar daerah yang menggunakan perangkat KRAP.


  1. Pos Bankom dan Perlengkapannya


a)      Lokasi Pos Bantuan Komunikasi (mandiri) RAPI Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo terletak di posisi yang sangat strategis karena terletak tidak jauh dari Pertigaan Tugu Kartasura dimana tarjadi pertemuan Lintas tengah dengan lintas selatan Jawa Tengah.


b)      Perlengkapan Pos Bantuan Komunikasi (mandiri) RAPI Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo yang digunakan untuk menunjang kelancaran kegiatan Bantuan Komunikasi sudah lengkap dan sangat memadai. Sebagai catatan yang belum ada adalah perangakat KRAP yang menggunakan Band HF.


c)      Personal Bankom  dibuat jadwal piket karena kesulitan mendapatkan personal yang bersedia Piket pada Pos Bantuan Komunikasi (mandiri) selama 12 jam, Sementara anggota yang lain yang sedang tidak piket memonitor Frekuensi Koordinasi RAPI Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo-JZ11ZWT dan Repeater ( 10.80 ) RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah 2-JZ11ZRD2 Candi Cetho dari rumah masing-masing.






  1. Hasil Kegiatan



 Secara garis besar terdapat 2 kelompok pemudik :
  1. Pemudik Umum yang tidak menggunakan radio komunikasi, mereka mendapatkan brosur peta perjalanan yang disediakan pada Pos.
  2. Pemudik yang menggunakan radio komunikasi, dipandu perjalanannya untuk melewati Solo Raya dan disediakan leaflet Daftar Frekuensi Kerja RAPI Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, Yogyakarata dan Jawa Timur ( terlampir).


5.      Saran Perbaikan



a)      Ke depan perlu dilakukan kerjasama dengan organisasi relawan lainnya untuk mendapatkan dukungan personal sukarelawan untuk piket pada Pos Bankom Mandiri, seperti dari Pramuka, PMI atau dari organisasi Pemuda yang ada di Kabupaten Sukoharjo.



b)      Kegiatan Bankom perlu dipersiapkan jauh hari agar dapat mengajukan proposal kegiatan yang lebih awal kepada Instansi terkait atau kelompok usaha lainnya agar mendapat dukungan sponsorship dalam hal penyediaan Tenda, Umbul-umbul, bendera dll.



c)      Jadwal Piket dan Plotting untuk selanjutya dapat dibentuk regu dengan dipimpin seorang Ketua regu guna mempermudah koordinasi dalam pelaksanaan tugas Bankom.





X.
PENUTUP



Demikian Laporan Kegiatan Bantuan Komunikasi RAPI Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo yang diselenggarakan oleh Anggota serta Pengurus Kabupaten RAPI Wilayah 20 Kabupeten Sukoharjo.





             Sukoharjo, 20 Juli 2015

PENGURUS KABUPATEN
RADIO ANTAR PENDUDUK INDONESIA (RAPI)
WILAYAH 20 KABUPATEN SUKOHARJO




Ketua,
Sekretaris,







BAMBANG SETIYONO
S A N T O S A

JZ11PWS/NIA : 11.00.12.006179
JZ11PMB/NIA : 11.00.12.003510








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar