NH

Senin, 13 Oktober 2014

BPBD Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan Simulasi Penanggulangan Bencana




dari kiri ke kanan : JZ11KII, JZ11DZC,
 JZ11FHC & JZ11JCG pemaparan materi
SUKOHARJO – Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo pada Senin 13 Oktober 2014 ikut berpartisipasi aktif pada kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah/BPBD Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan tersebut di mulai pada jam 09.00 sampai jam 15.00 WIB, dengan melibatkan para relawan yang antara lain terdiri dari : RAPI, SAR, TAGANA, PMI dan lain-lain.
Pak Petrus bersama TAGANA dan PMI
Menurut penuturan Bapak Petrus Mulyono kegiatan tersebut diselenggarakan di Waduk Mulur, Bendosari, dan melibatkan 3 (tiga) desa di wilayah kecamatan Mojolaban dan 1 (satu) desa di wilayah kecamatan Grogol. Salah satu Anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo dengan call sign (Nama Panggilan Udara) JZ11JCG ini juga mengatakan untuk yang  3 (tiga) desa terdiri dari desa Tegal Made, Desa Gadingan dan Desa Laban, sedang yang satu adalah Desa Kadokan.
JZ11NNZ & The gank
Selain Bapak Petrus  Mulyono atau yang akrab dipanggil Pak Petrus, RAPI Sukoharjo juga mengirimkan tiga orang lainnya yaitu : Bapak Untung Suprapto-JZ11KII, Bapak Budi Lestari-JZ11DZC, dan Bapak Imam Sutopo R-JZ11MVO.
Materi yang disajikan dalam kegiatan tersebut antara lain : Kebencanaan oleh BPBD disertai praktek bongkar pasang tenda pengungsian, Komunikasi Darurat Bencana oleh RAPI, Pertolongan Pertama Pada pada saat bencana oleh PMI. Untuk materi di air disajikan tetang pertolongan darurat pada saat bencana banjir dengan mejalankan simulasi siaga bencana yang melibatkan masyarakat dari ke empat desa tersebut.
RAPI pada kegiatan tersebut hanya khusus menangani masalah Komunikasi Darurat Bencana, untuk yang lain telah dikerjakan teman-teman relawan yang lain.//pmb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar