NH

Senin, 10 November 2014

PERBAIKAN DIMULAI DARI DIRI SENDIRI


Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RAPI ke-34 tahun 2014, Saya memberanikan diri untuk mengkampanyekan slogan : "Perbaikan dimulai dari diri sendiri" untuk kemajuan dan kejayaan Organisasi RAPI.

Tujuan dari "Perbaikan dimulai dari diri sendiri" adalah tercapainya kualitas maksimal pada setiap individu dan Organisasi secara terus menerus dan berkesinambungan. Untuk mencapai kualitas yang maksimal setiap individu harus terus menantang dirinya agar selalu berkembang dan berkembang.

Meminjam istilah dari Bahasa Jepang yaitu Kaizen yang mempunyai terjemahan bebas—perbaikan berkesinambungan—.  Filsafat Kaizen berpandangan bahwa hidup setiap individu hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus menerus.


Kaizen managemen memiliki fungsi utama :
Pemeliharaan dan Perbaikan Kegiatan pemeliharaan teknologi, sistem manajemen, dan standar operasional yang ada sekaligus menjaga standar tersebut melalui pelatihan serta disiplin dengan tujuan agar semua anggota dapat mematuhi prosedur pengoperasian standar (Standard Operating Procedure/SOP) yang telah ditetapkan oleh Organisasi. Adapun perbaikan diarahkan pada meningkatkan standar yang ada ke arah yang lebih baik. Kedua fungsi ini disimpulkan sebagai Pemeliharaan dan Perbaikan Standar.
Sedangkan perbaikan ini sendiri dapat terbagi menjadi :
1.    Kaizen bersifat perbaikan kecil yang berlangsung oleh upaya berkesinambungan, Kaizen menekankan pada upaya manusia, moral, komunikasi, pelatihan, kerja sama, pemberdayaan dan disiplin diri, yang merupakan pendekatan peningkatan berdasarkan akal sehat, berbeaya rendah.
2.    Inovasi merupakan perbaikan drastis sebagai hasil dari investasi sumber daya berjumlah besar dalam teknologi atau peralatan.

Pada penerapannya dalam Organisasi RAPI, Kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh anggota, dari Pengurus RAPI pada tingkat atas sampai anggota RAPI pada tingkat bawah. Kaizen mengajarkan agar seseorang kerkomitmen secara konstan dengan proses yang konstan atau dalam managemen dikenal dengan Constant And Never Ending Improvement.

Jika setiap individu memiliki konsistensi untuk mampu memfokuskan diri meningkatkan sesuatu yang telah dicapai melakukan inovasi, kreasi, dan terus menemukan sesuatu yang dapat dikembangkan dan dihasilkan maka setiap individu adalah seorang yang memiliki komitmen sesuai dengan slogan : "Perbaikan dimulai dari diri sendiri".

Arah telunjuk bukan lagi kapada – perbaikan harusnya dimulai dari Organisasi secara keseluruhan, pengurus atau anggota yang lain lagi – akan tetapi telunjuk mengarah pada setiap individu masing-masing yang harus memulai perbaikan dari hal-hal yang kecil.

Semoga bermanfaat.

Dirgahayu RAPI ke-34 10 November 2014

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar