NH

Sunday 29 December 2013

Blog, Sejarah dan Jenis-jenisnya



·  Blog
Blog berasal dari kata Web dan Log  merupakan bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan atau artikel dan gambar ( foto ) yang diposting pada sebuah halaman website. Pada umumnya posting-an pada blog akan muncul dengan urutan terbalik dari posting-an terbaru disusul posting-an yang lebih lama, Walaupun tidak semuanya seperti itu. Blog yang selanjutnya bisa juga disebut Situs Web,  dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari sang pembuat blog tersebut. Adapun membuat blog sendiri sebenarnya adalah hal yang sangat mudah, lebih-lebih apabila menggunakan penyedia layanan blog gratis yaitu di antaranya Blogger atau Wordpress.


Semula blog hanya merupakan catatan harian dalam bentuk online, kemudian seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan jaman blog mengalami pergeseran fungsi. Blog yang semula hanya sekedar catatan harian online bertambah fungsi menjadi banyak sekali, ada yang menggunakannya untuk memberikan update informasi terkini atau yang dikenal Berita Online, ada yang menggunakanya sebagai tempat untuk meletakkan tugas-tugas sekolah atau tugas-tugas kampus sebagai Arsip Online, ada juga yang digunakan sebagai tempat memasarkan produk-produk tertentu dengan sebutan Toko Online. Selain itu sangat banyak yang difungsikan sebagai tempat untuk memasang panduan berbagai hal yang sangat bermanfaat atau yang sering dijumpai dengan sebutan Blog Tutorial. Intinya semua sebagai tempat membagi ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi penulisnya.

·  Sejarah
Media blog pertama kali diperkenalkan oleh Blogger.com, milik PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog pada umumnya.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.

Dewasa ini banyak blog yang dilengkapi fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

·  Komunitas blogger 
Komunitas Blogger adalah sebuah Perkumpulan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan bersama-sama dalam rangka kopi darat. Untuk bisa bergabung pada komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

·  Jenis-jenis Blog
ü    Blog Politik 
Blog yang berisi tentang politik, aktivis, LSM dan semua persoalan berbasis politik, contonya : kampanya.
ü    Blog Pribadi 
Blog yang berisi tentang kejadian/peristiwa yang dialami keseharian seseorang, carahan hati, keluhan, puisi atau syair, ide gagasan, dan perbincangan teman, juga sering disebut Buku Harian Online.
ü    Blog Bertopik 
Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan topik tertentu.
ü    Blog Kesehatan
Blog yang berisi tentang tentang kesehatan secara lebih spesifik. Blog Kesehatan pada umumnya berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan.
ü    Blog Sastra 
Blog yang berisi tentang Bahasa dan Sastra atau lebih dikenal sebagai Litblog ( Literary Blog ).
ü    Blog Perjalanan 
Blog yang berisi tentang cerita perjalanan yang menceritakan keterangan dan pengalaman tentang perjalanan/traveling.
ü    Blog Riset 
Blog yang berisi tentang akademis seperti berita riset terbaru.
ü    Blog Hukum 
Blog yang berisi tentang permasalahan hukum atau urusan hukum disebut juga dengan Blog Laws.
ü    Blog Media 
Blog yang berisi bahasan tentang kebohongan atau tidak konsistensi-nya media massa, biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
ü    Blog Agama 
Blog yang berisi tentang Agama.
ü    Blog Pendidikan 
          Blog yang ditulis oleh pelajar atau guru.
ü    Blog Kebersamaan 
          Blog yang berisi tentang topik yang lebih spesifik ditulis oleh kelompok                          tertentu.
ü    Blog Petunjuk (directory)
           Blog yang berisi ratusan link halaman website.
ü    Blog Bisnis 
           Blog yang berisi tentang promosi, digunakan oleh pegawai atau                                   wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
ü    Blog Pengejawantahan 
           Blog yang berisi tentang objek di luar manusia, seperti anjing misalnya.
ü    Blog Pengganggu (spam)
           Digunakan untuk promosi bisnis affiliate, juga dikenal sebagai splogs (                          Spam Blog )

Disadur dari berbagai sumber


No comments:

Post a Comment