NH

Monday 13 January 2014

Discount untuk Outlet Retail Modern


Discount Price adalah potongan harga diberikan oleh supplier kepada outlet retail modern, sehingga harga suatu barang/produk lebih rendah dari harga secara umum. Agar discount dapat menarik bagi outlet retail modern untuk order, discount yang ditawarkan harus dapat mempengaruhi tingkat ke-terjual-an  suatu barang bagi outlet retail modern.


Potongan harga diberikan oleh supplier kepada outlet retail modern antara lain :

     1.        FIX REBATES
Potongan harga tetap yang diberikan oleh supplier kepada outlet retail modern tanpa dikaitkan  dengan target penjualan yang dilakukan secara periodik. Besaran potongan harga tetap adalah tidak melebihi 1 ( satu ) %, dengan masa berlaku selama-lamanya 3 (tiga) bulan dan dapat diperpanjang.

     2.        REGULAR DISCOUNT
Potongan harga yang diberikan oleh supplier kepada outlet retail modern. Besaran potongan harga  adalah antara 1 ( satu ) sampai 5 (lima) %, dengan masa berlaku setiap transaksi.

     3.        PROMOTION DISCOUNT
Potongan harga yang diberikan oleh supplier kepada outlet retail modern dalam rangka kegiatan promosi , baik yang diselenggarakan oleh supplier maupun oleh outlet yang diperuntukkan kepada  costumer atau konsumen akhir (end user). Besaran potongan harga dan masa berlaku ditentukan oleh kesepakatan kedua belah pihak.

     4.        PROMOTION COST
Beaya yang dibebankan kepada supplier oleh outlet retail modern sesuai kesepakatan kedua belah pihak, seperti antara lain : promo koran, mailer, hampers, katalog, in store promo, sampling, demo produc, hadiah, lucky draw, dan lain-lain.

     5.        CONDITION REBATES
Potongan harga yang diberikan oleh supplier kepada outlet retail modern, apabila outlet dapat mencapai target penjualan sesuai kesepakatan perjanjian dagang (trading term). Besaran potongan harga adalah tidak melebihi 1 ( satu ) %, dengan masa berlaku selama-lamanya 12 (dua belas) bulan dan dapat diperpanjang.

     6.        LISTING NEW ITEM/LISTING FEE
Beaya yang harus dibayar oleh supplier kepada outlet retail modern untuk pendaftaran produk (item) baru. Besaran beaya ditentukan sepenuhnya oleh outlet retail modern.

     7.        EXTRA DISCOUNT
Potongan harga yang diberikan oleh supplier kepada outlet retail modern tetapi berupa produk. Besaran potongan harga  dapat berupa beli 6 plus 1, beli 12 plus 1, dan yang lainnya sesuai program promosi  distributor maupun principal yang bersangkutan.

     8.        SPECIAL DISCOUNT
Potongan harga yang diberikan oleh supplier kepada outlet retail modern bersamaan dengan regular discount. Besaran potongan harga adalah antara 1 ( satu ) % sampai 5 (lima) %, dengan masa berlaku sesuai program promosi  distributor maupun principal yang bersangkutan.

     9.        DISTRIBUTING FEE
Beaya yang harus dibayar oleh supplier kepada outlet retail modern untuk beaya pendistribusian barang dari DC ( Distric Central ) ke outlet-outlet retail modern jaringannya yang tersebar dalam suatu area.

  10.        CASH DISCOUNT
Potongan harga yang diberikan oleh supplier kepada outlet retail modern, apabila outlet melakukan pembayaran secara tunai atau COD ( Casn on Delivery). Besaran potongan harga adalah antara 1 ( satu ) % sampai 5 (lima) %, dengan masa berlaku setiap terjadi transakasi penjualan dengan batasan nilai tertentu.

  11.        DOISCOUNT GO (Grand Opening)
Potongan harga yang diberikan oleh supplier kepada outlet retail modern yang akan membuka toko baru (Grand Opening). Besaran potongan harga adalah tidak melebihi 2 (dua) %, dengan masa berlaku pemberian hanya untuk PO (Purchase Order) yang dibuka sebelum dilaksanakan GO (Grand Opening).


Ditulis oleh : Mas Sant Tosa

No comments:

Post a Comment