NH

Minggu, 08 November 2015

Pidato Ketua RAPI Jateng pada HUT RAPI ke-35

PIDATO KETUA RAPI PROVINSI
        PADA
PERINGATAN HUT RAPI KE-35 TAHUN 2015
            RAPI DAERAH 11 PROVINSI JAWA TENGAH
       

Yang terhormat :
Gubernur Jawa Tengah : Bapak H. Ganjar Pranowo, SH, M. IP/JZ11GP
Yang saya hormati :
·         Muspida Provinsi Jawa Tengah
·         Kepala Dinas dan Satuan Kerja Provinsi Jawa Tengah
·         Bupati Semarang
·         Muspida Kabupaten Semarang
·         Bapak RAPI Nasional DR. H. Eddie Marjuki Nalapraya/JZ09AAA
·         Jajaran Dewan Pertimbangan dan Penasehat Organisasi RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah
·         Para Pengurus Provinsi RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah
·         Jajaran Dewan Pertimbangan dan Penasehat Organisasi RAPI Wilayah 02 Kabupaten Semarang
·         Para Ketua dan Pengurus RAPI Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah
·         Para Ketua dan Pengurus RAPI Daerah 09 Provinsi DKI Jakarta, Daerah 10 Provinsi Jawa Barat, Daerah 12 Provinsi DI Yogyakarta, Daerah 13 Provinsi Jawa Timur, Daerah 30 Provinsi Banten, Daerah 19 Provinsi Kalimantan Selatan dan Daerah 21 Provinsi Kalimantan Barat.
·         Bapak, Ibu, Saudara-saudara tamu undangan yang berbahagia,


Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua

Salam ! ( jawaban audien RAPI )
Hidup ! ( jawaban audien RAPI )
RAPI ! ( jawaban audien JAYA )

Puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena kehendak-Nya lah kita diberi kesehatan dan umur panjang, sehingga dapat dipertemukan dan saling bersilahturrahim pada Peringatan Hari Ulang Tahun RAPI ke-35, dalam keadaan sehat wal affiat........... Aamiin.

Pertama saya menyampaikan apresiasi kepada PIAR, Persatuan Istri Anggota RAPI Kabupaten Sukoharjo, yang meskipun bisa dibilang  ( mohon maaf ) tidak muda lagi namun semangatnya masih seperti ABG. Semoga Organisasi yang Pertama dan hanya baru ada 1 di seluruh Indonesia ini dapat menjadi inspirasi bagi para istri Anggota RAPI di Kabupaten/Kota yang lain di Jawa Tengah khususnya dan Indonesia umumnya. Dan yang membaggakan bagi saya PIAR ini telah berbadan hukum dan telah mendapatkan dana hibah yang pertama di awal tahun 2015 ini, sekali lagi Selamat untuk keluarga besar RAPI Wilayah 20 Kabupaten Sukoharjo.

Yang kedua, saya atas nama pribadi dan mewakili Organisasi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak, Ibu, Saudara-saudara semua yang telah berkenan menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun RAPI ke-35 pada siang hari ini.

Pada kesempatan yang baik ini pula perkenankanlah saya menyapaikan ucapan Selamat dan Sukses atas Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota ke-5 yang telah dilaksanakan kemarin di Gedung Toentang Tlogo Resort ini juga, dan Dirgahayu Radio Antar Penduduk Indonesia ke-35, 10 November 2015.

Pada dua peristiwa penting tersebut tentunya terkandung hikmah, bahwa kita perlu me-refresh kembali komitmen diri atas pengabdian kita bagi kepentingan  organisasi RAPI.

Bahwasannya kita sama-sama maklum kondisi apa pun tidak akan berubah jika bukan kita sendiri atau secara bersama-sama yang merubahnya, untuk itu marilah kita  merenung sejenak dalam rangka me-refleksi peran kita di dalam organisasi selama ini, dalam pengabdiannya seiring dengan perjalanan sejarah keberadaan dan kiprah nyata RAPI dalam mengabdi kepada masyarakat dan Pemerintah.

Kita juga wajib bersyukur, karena dari 34 Kepengurusan RAPI Provinsi di seluruh Indonesia RAPI Jawa Tengah adalah salah satu dari sebagian kecil Kepengurusan yang solid, Indikator untuk memperkuat penyataan tersebut adalah :

·         Kepengurusan RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah saat ini adalah syah kerena sebagai hasil Musyawarah Provinsi ke-7 yang dilaksanakan secara demokratis 22-23 September 2012, dan bukan Kepengurusan dengan Status Careteker;
·         Lebih dari 91 % Kepengurusan RAPI Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Tengah adalah valid,  dalam arti terbentuk karena mekanisme konstitusi organisasi dalam hal ini adalah AD/ART, yaitu Kepengurusan sebagai hasil Muskab/Muskot di Kabupaten/Kota-nya masing-masing sejumlah 32, dan 3 dalam Persiapan Muskab/Muskot;
·         Terselenggaranya Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota di Sukoharjo tanggal 10 November 2013  yang kemudian disebut RAKOR PERTAMA sebagai hasil Keputusan Rapat Kerja Provinsi 5 Mei 2013 adalah momentum “ Kebangkitan “ RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah untuk selangkah demi selangkah bergerak maju dengan direlisasikannya  Hasil RAKOR I hingga RAKOR IV;
·         Terlaksananya Bimbingan Organisasi ( BO ) bagi Pengurus Provinsi yang dilanjutkan untuk Pengurus Kabupaten/Kota, kemudian  anggota masing-masing Kabupaten/Kota sebagai realisasi hasil RAKOR PERTAMA;
·         Bersamaan dengan Pelaksanaan Bimbingan Organisasi ( BO ) juga telah dapat diselesaikan penerbitan Buku Panduan agar dapat digunakan sebagai pegangan oleh anggota RAPI di seluruh Jawa Tengah.
·         Meningkatnya tata kelola organisasi secara lebih baik ditandai dengan setiap individu Pengurus bekerja sesuai dengan Job Discription-nya masing-masing dan saling bekerja sama ber-sinergy untuk kemajuan organisasi.
·         Diperolehnya ijin Stasiun Repeater  yang dikeluarkan oleh Balmon Nomor 188 / BALMON 33 / SP.01.02 /04 /2014. Tanggal 07 April 2014 adalah :
Ø  Gunungprau TX 142.050 RX 143.600 / JZ11ZRD1
Ø  Candi Cetho TX 142.020 RX 143.570 / JZ11ZRD2
Ø  Gunung Telomoyo TX 142.080 RX 143.530 / JZ11ZRD3
Ø  Sementara untuk Gunung Muria masih dalam proses negosiasi dan akan terus diupayakan.
Dikeluarkannya Surat Keterangan Terdaftar pada Badan Kesatuan bangsa dan Politik Pemerintah Provinsi Jawa tengah sebagai bentuk pengakuan Pemerintah atas keberadaan Organisasi RAPI Nomor : 220/2531 tanggal 29 April 2014. Dengan penjelasan Pengurus Provinsi RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah telah tercatat sebagai Organisasi Kemasyarakatan yang ber-Badan Hukum Perkumpulan dalam daftar Inventaris Ormas Badan Kesbangpol danLinmas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Hal yang saya uraikan ini bukanlah propaganda atau promosi namun itulah yang terjadi, saya sangat berterima kasih kepada seluruh Pengurus Provinsi dan Pengurus Kabupaten/Kota yang telah sama-sama bergerak maju saling bekerja sama bahu membahu guna mengibarkan Panji-panji RAPI Jawa Tengah di lingkup internal maupun eksternal. Mulai dari proses perijinan penerapan hasil-hasil musyawarah dan rapat, dari MUSPROV, RAKERPROV,  RAKOR  telah dilaksanakan secara baik sebagaimana mestinya.

Pada momen yang berbahagia ini pula saya mengajak kepada seluruh Keluarga Besar RAPI Jawa Tengah untuk senantiasa menegakkan TRI TERTIB yang terdiri atas TERTIB ORGANISASI, TERTIB ADMINISTRASI dan TERTIB KOMUNIKASI yang dilaksanakan dengan berpedoman pada KODE ETIK sebagai landasan moral, dan PANCA BHAKTI sebagai landasan spirit. Muara dari semua itu adalah untuk Meningkatkan Kinerja organisasi RAPI Jawa Tengah dalam Rangka Mendukung serta Menunjang Program Pemerintah.

Meski harus diakui yang sudah kita lakukan belum dapat dikatakan sempurna namun kita telah berusaha apa yang kita bisa. Semua itu pada hakekatnya adalah sebagai wujud peran serta dan partisipasi aktif organisasi RAPI dalam mendukung pembangunan nasional, termasuk diantaranya adalah  mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) secara serentak pada tanggal 09 Desembar 2015.

Yang Terhormat Gubernur Jawa Tengah Bapak H. Ganjar Pranowo, SH, M. IP dengan 10.28 JZ11GP ,
Saya mewakili hampir 7.500 Anggota RAPI dari seluruh pelosok Jawa Tengah menyatakan bahwa RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah dan seluruh Kepengurusan yang didukung oleh segenap anggota di seluruh Kabupaten/Kota, baik diminta atau pun tidak, telah siap menjalankan tugas mensukseskan Perhelatan Besar Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) serentak tersebut, utamanya dalam bentuk Bantuan Komunikasi Radio Antar Penduduk.
Itulah Komitmen dan Pernyataan Kami Keluarga Besar RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah, Semoga Allah SWT Meridlo-I usaha dan niat baik kita bersama.

Kepada Gubernur Jawa Tengah yang terhormat Bapak H. Ganjar Pranowo, SH, M. IP/
JZ11GP, saya  mohon berkenan memberi sambutan dilanjutkan pemotongan tumpeng Peringatan Hari Ulang Tahun Radio Antar Penduduk Indonesia ke-35 pada siang hari ini.
Demikian mohon maaf atas segala kesalahan,

Salam ! ( jawaban audien RAPI )
Hidup ! ( jawaban audien RAPI )
RAPI ! ( jawaban audien JAYA )

Terima kasih.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.





Sumber : Panitia RAKOR KAB/KOTA V & HUT RAPI KE-35

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar