NH

Sabtu, 13 Desember 2014

BO HANYA MUDAH DIUCAPKAN??


Berawal dari mengikuti dan mencermati dinamika rekan-rekan di Media Sosial Facebook Group RAPI JATENG BANGKIT saya terketuk untuk menulis tentang Bimbingan Organisasi atau BO.

Bimbingan Organisasi atau BO adalah kegiatan RAPI dalam pembinaan dan pengembangan organisasi dalam rangka penerimaan anggota yang merupakan syarat mutlak menjadi Anggota RAPI.



Pada prinsipnya Bimbingan Organisasi dapat diselenggarakan kapan saja dan di mana saja asalkan persyaratan mendasar dari kegiatan tersebut sudah terpenuhi. Pesyaratan itu adalah antara lain:
a.        Materi
b.       Tempat
c.        Penyaji
d.       Beaya
Seorang Penyaji BO mestinya berjenjang sesuai struktur Organisasi RAPI : Pengurus Nasional memberi BO Kepada Pengurus Provinsi, Pengurus Provinsi memberi BO kepada Pengurus Kabupaten Kota, Pengurus Kabupaten Kota memberi BO kepada Pengurus Kecamatan, Pengurus Kecamatan memberi BO kepada calon anggota baru dan atau anggota RAPI mutasi dari luar Provinsi.

BO RAPI Provinsi Jawa Tengah, hanya mudah diucapkan namun terasa sulit untuk dilaksanakan. Sepanjang pengetahuan saya RAPI Provinsi Jawa Tengah belum pernah menyelenggarakan BO jadi dengan sendirinya belum ada yang memiliki Sertifikat BO, kecuali Anggota RAPI Jawa Tengah yang berasal dari mutasi dari Provinsi lain. Kalau pun dapat diselenggarakan akan terkesan kurang sempurna karena apa? Bagaimana mungkin diselenggarakan BO, sedangkan ( mohon maaf semoga saya salah ) Anggota RAPI Provinsi Jawa Tengah belum ada yang memilik Sertifikat BO, karena menurut pemahaman saya, yang harus menjadi penyaji materi BO adalah orang yang telah mengikuti dan memiliki Sertifikat BO.

Namun apa pun kendala yang dihadapi BO RAPI Provinsi Jawa Tengah urgent untuk segera dilaksanakan, karena penyelenggaraan BO adalah salah satu keputusan dari RAKOR Pertama di Sukoharjo pada tanggal 10 November 2013 yang lalu yang harus dilaksanakan dengan konsekuen. BO dapat dimulai untuk Seluruh Pengurus Provinsi dengan mendatangkan Pengurus Nasional, kemudian setelah itu Pengurus Provinsi memberi BO kepada para Pengurus Kabupaten Kota. Meminjam ungkapan yang sering saya dengar : Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Tetap semangat!

Semoga bermanfaat.

JZ11PMB

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar