NH

Rabu, 22 Mei 2013

Cara Sehat ber e-1025


CARA SEHAT BER e-1025
Oleh : Mas Santosa

Teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol ) telah banyak memberi kemudahan dan manfaat dalam berbagai kegiatan, tak ketinggalan juga bagi Radio Antar Penduduk Indonesia yang telah memanfaatkan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) untuk ber-Komunikasi Radio Antar Penduduk yang dulu saat kemunculannya disebut RF gateway yang diperkenalkan oleh seorang anggota RAPI asal RIAU yang tinggal di Jakarta yaitu JZ04EPW Om Deny . Kemudian seiring dengan perkembangan jaman berubah menjadi e-1025 RAPI yang meng-analogi dari saudara tua RAPI yaitu ORARI dengan e-QSO ORARI-nya. Saat ini e-1025 RAPI diperkenalkan dan digunakan dengan sebutan ITKP singkatan dari Internet Telephoni untuk Keperluan Publik.
Seorang anggota RAPI bisa duduk di depan komputer untuk waktu yang begitu lama bahkan hingga berjam-jam, lebih-lebih bila sedang ber e-1025. Terkadang saat asik di depan komputer belum terasa lelahnya, namun setelah tidak berada di depan komputer membuat tubuh  terasa tidak nyaman seperti mata sakit, berair, sakit kepala hingga tubuh terasa pegal-pegal dan kaku karena kelelahan.
Keadaan tubuh yang kurang nyaman karena duduk di depan komputer terkadang luput dari perhatian dan dianggap sepele oleh para anggota RAPI yang sering ber e-1025, hal itu disebabkan adanya anggapan bahwa keluhan-keluhan yang telah diuraikan tersebut dianggap bisa segera sembuh setelah beristirahat. Sebenarnya akibat yang ditimbulkan dari posisi tubuh yang tidak tepat saat berada di depan komputer, seperti posisi tangan di atas keyboard dan posisi tangan saat menggerakkan mouse yang salah dan kesalahan-kesalahan lain dalam waktu yang lama dapat menyebabkna penyakit yang cukup berbahaya, diantaranya :
     1.        Carpal Tunnel Syndrome
Keluhan yang dirasakan di sekitar pergelangan tangan karena setelah melakukan aktifitas menggunakan komputer dalam waktu panjang dan lama serta terus menerus pada posisi tangan yang salah.
     2.        Skoliasis/Kiposis/Lordosis
Perubahan bentuk tubuh yang sebagai akibat terjadi perubahan bentuk pada tulang belakang yang penyebabnya posisi duduk yang salah dalam waktu panjang dan lama serta terus menerus.
     3.        Asthenopia
Respon dan reaksi pupil mata yang lambat terhadap cahaya.
Akibat buruk karena posisi yang salah saat berada di depan komputer dalam waktu panjang dan lama serta terus menerus tersebut dapat dihindari dengan memperhatikan beberapa hal yang diantaranya sebagai berikut :
1.          Usahakan agar posisi mata sejajar dengan letak layar monitor.
2.          Usahakan agar jarak mata dengan layar monitor paling dekat adalah 45 cm.
3.          Usahakan letak keyboard dan mouse pada posisi yang tepat sehingga tidak menyebabkan tubuh membungkuk saat mengoperasikan komputer.
4.          Usahakan selalu menggunakan lampu penerangan yang menjakau rata dalam satu ruangan.
5.          Gunakan kaca filter untuk mengurangai efek radiasi dari cahaya layar monitor.
6.          Agar mata tidak mudah lelah sesekali alihkan mata ke arah selain layar monitor.
7.          Setelah satu jam di depan komputer istirahatlah minimal 15 menit sebelum melanjutkan kembali ke depan komputer.
8.          Carilah posisi kaki senyaman mingkin dengan cara meluruskan kaki supaya terhindar dari rasa pegal. Sesekali berdirilah untuk meluruskan bagian punggung.
9.          Ambilah posisi duduk yang tegak sehingga tidak menyebabkan tulang punggung yang membungkuk.
10.       Lakukan peregangan otot dan relaksasi pada kesempatan pertama.
Semoga dengan memperhatikan dan menjalankan 10 hal tersebut di atas maka akibat buruk karena posisi yang salah saat berada di depan komputer dalam waktu panjang dan lama serta terus menerus  dapat dihindari, sehingga para anggota RAPI yang ber e-1025 dapat merasa nyaman dan tidak cepat merasa lelah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar