NH

Minggu, 25 Agustus 2013

Roger Arti dan Asal-muasalnya


Roger Arti dan Asal-muasalnya


Kata  roger  adalah kata yang selalu terdengar atau bahkan mungkin selalu diucapkan bagi para operator KRAP dalam berkomunikasi, tetapi apakah Anda tahu arti dan asal muasal kata tersebut??
Dalam komunikasi radio roger  berarti : I have received all of the last transmission.
Kata roger digunakan untuk mewakili huruf R, dalam kaitannya huruf R dalam kata roger mengandung maksud received  atau diterima. Tetapi huruf R kok diucapkan roger ?? mengapa demikian ??
Pada tahun 1941 Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dalam Satuan Gabungan Angkatan Darat dan Angkatan Laut membuat radio alphabet yang akhirnya digunakan secara luas di seluruh satuan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Pada daftar radio alphabet ini huruf R disebut dan diucapkan roger.
Kemudian pada tahun 1956, NATO membuat Alphabets Phonetic yang digunakan secara lebih luas baik di dunia militer dan komunikasi radio umum hingga saat ini. Alphabets Phonetic  NATO ini dipergunakan juga oleh ITU/International Telecomunication Union, dimana penyebutan dan pengucapan huruf R adalah romeo.
Namun dikarenakan penyebutan Rroger  – I have received all of the last transmission, sudah menjadi kosa kata tersendiri dalam komunikasi radio, maka penyebutan ini tetap menggunakan roger tidak berubah mengikuti penyebutan alphabet yang baru.
Demikian uraian tentang Roger Arti dan Asal-muasalnya, semoga bermanfaat.
Disadur dari berbagai sumber

2 komentar:

  1. super sekali mas santosa, salam kenal dan 51-55 semoga sehat selalu JZ11YSD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mas Sigit Didik
      Salam RAPI
      Terima kasih Mas Didik Sigit--JZ11YSD atas kunjungan Anda di Blog Sederhana saya, semoga bermanfaat.
      Jangan lupa Besok Minggu 10 November 2013 Hadir Di Sukoharjo ya! meramaikan RAKOR KAB/KOTA dan Peringatan HUT RAPI ke-33.yang diselenggarakan di Sukoharjo.

      Hapus