NH

Minggu, 21 Agustus 2016

SC & OC APAKAH ITU?

Dalam melaksanakan kegiatan pada organisasi RAPI, khususnya pada kegiatan Musyawarah mulai dari Musyawarah Nasional/Munas, Musyawarah Daerah/Musda, Musyawarah Wilayah/Muswil dan Musyawarah Lokal/Muslok kita sering sekali mendengar bahkan mengucapkan istilah “SC” dan “OC”.
Sebutan yang disingkat “SC” dan “OC”  ini biasanya digunakan untuk struktur kepanitiaan Kegiatan Musyawarah yang diselenggarakan dari RAPI Pusat hingga RAPI Lokal. Istilah “SC” sendiri berasal dari singkatan Steering Committee  sedangkan “OC”  singkatan dari Organizing Committee 

Steering Committee lebih banyak bertugas dan bertanggungjawab sebagai pengarah atau pengendali, penasihat dan pengawas dalam sebuah kegiatan, sedangkan Organizing Committee memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai pelaksana kegiatan dan lebih banyak mengurusi hal-hal yang bersifat teknis operasional di lapangan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik.


Steering Committee (SC)
Steering Commite berisikan para aktifis dan fungsionaris RAPI senior dan memiliki keahlian lebih atau pakar di bidangnya masing-masing, selain itu mereka juga memilikii pengaruh yang besar atas terselenggaranya suatu kegiatan, oleh karenanya mereka bisa juga disebut sebagai penasehat kegiatan.
SC yang sering juga disebut Panitia Pengarah ini memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan dan mengarahkan suatu kegiatan sejak proses awal hingga berakhir. 
Besar kecilnya jumlah personal di dalam Steering Commite, sangat tergantung dari skala kegiatan yang diselenggarakan, Semakin besar kegiatan yang akan diselenggarakan maka akan semakin banyak personal yang dilibatkan, sebaliknya jika kegiatan hanya dalam lingkup kecil terkadang tidak membutuhkan Steering Committee.

Steering Committee memiliki tugas dan wewenangan dalam hal-hal yang berkaitan dengan materi pokok kegiatan yang akan dilaksanakan, di antaranya :
1.     Membuat dan menentukan arah, sasaran, serta tujuan pelaksanan kegiatan
2.     Membentuk dan memilih personal-personal yang tergabung dalam Organizing Committee
3.     Merumuskan thema pada kegiatan yang akan diselenggarakan
4.     Memimpin dan memberikan pengarahan teknis kepada Organizing Committee
5.     Memberi alternatif solusi jika terjadi masalah dalam penyelenggaraan kegiatan
6.     Bertindak sebagai wakil dari Organizing Committee dalam interaksi dengan organisasi terkait
7.     Membantu Organizing Committee dalam mencari sumber danai
8.     Menghubungi sumber-sumber dana untuk mendapatkan komitmen baik sebagai sponsor maupun donatur
9.     Melakukan rapat di antara para Steering Committee
10.  Memantau dan melakukan evaluasi khusus yang ditujukan pada perbaikan kinerja Organizing Committee.
11.  Bersama Ketua dan Sekretaris Steering Committee  menyusun LPJ keseluruhan kegiatan

Organizing Committee (OC)
Organizing Committee mempunyai tanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan yang akan diselenggarakan. Sebagai Panitia Pelaksana, secara teknis Organizing Committee  dalam menjalankan tugas menyelenggarakan kegiatan akan selalu dikawal oleh Steering Committee. Dengan maksud supaya tugas dan tanggung jawabnya dapat terlaksana dengan baik dan sesuai rencana.
Organizing Committee memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kalancaran teknis di lapangan, mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pasca kegiatan. Ketua Organizing Committee harus dapat menjamin dan memiliki kontrol penuh terhadap semua seksi agar berjalan sesuai tugas masing-masing. Organizing Committee  mempunyai tugas antara lain :
1.     Melakukan koordinasi dengan Steering Committee dalam penyelenggaraan kegiatan
2.     Berpartisipasi aktif melaksanakan kegiatan sesuai rencana
3.     Saling memberikan bantuan antar sesama seksi
4.     Melaporkan perkembangan kerjanya dalam rapat-rapat kepanitiaan
5.     Mempertanggungjawabkan segala kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan kepada Ketua Organizing Committee 
6.     Menyusun pengajuan Rencana Anggaran Belanja dan mempertanggungjawabkannya setelah kegiatan selesai
Di dalam Organizing Committee, biasanya akan dibagi menjadi beberapa seksi yang mengurus berbagai hal teknis penyelenggaraan suatu kegiatan. Seluruh personal yang tergabung dalam Organizing Committee memiliki tanggung jawab terhadap bidangnya masing-masing dan berkewajiban membuat laporan setelah selesai kegiatan.

Semoga bermanfaat.
                
                Ditulis Mas Sant Tosa/JZ11PMB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar