Apakah merk itu ?
Secara umum
Merk ( Brand ) dapat didefinisikan sebagai nama, istilah, simbol, atau desain,
atau kombinasinya, yang dimaksudkan untuk memperkenalkan barang atau jasa dari
satu penjual atau beberapa penjual dan untuk membedakannya dari produk
kompetitornya.
Merk ( Brand
) adalah sesuatu yang sangat penting untuk usaha di bidang apa pun dan untuk
skala usaha seberapa pun besar atau kecilnya.
Merk ( Brand
) yang kemudian berbentuk simbol, atau desain, atau kombinasinya adalah sesuatu
yang sangat penting, karena suatu Merk ( Brand ) akan mewakili karakter dan
citra sebuah produk atau perusahaan.
Merk ( Brand
) yang kemudian berbentuk simbol, atau desain, atau kombinasinya adalah sesuatu
yang sangat penting, karena suatu Merk ( Brand ) akan membangun timbulnya kepercayaan atau consumer
trust dari konsumen terhadap suatu produk atau perusahaan.
Merk ( Brand
) yang dibangun dengan baik akan mempermudah proses penjualan suatu produk,
karena adanya brand image yang baik tersebut konsumen akan lebih mudah
mempercayai suatu produk.
Merk ( Brand
) harus dibuat dengan pertimbangan-pertimbangan yang dapat menguntungkan dari
suatu Merk ( Brand ), yaitu : bagus dan menarik, mewakili karakter produk atau
perusahaan dan yang paling penting adalan merk harus mudah diingat.
Selain Merk (
Brand ) harus juga dilengkapi dengan tag line atau slogan agar merk suatu
produk mudah diingat. Contoh : Sakit Kepala ? PARAMEX OBATNYA.
Merk ( Brand
) yang bagus tak akan ada gunanya apabila tidak disosialisasikan dan
dikomunikasikan, bisa melalui
promosi dan iklan baik out door
maupun in door, bisa melalui media elektronika : TV, Radio, Media On Line
maupun media konvensional : Baliho, MMT, Leaflet dan lain-lain.
Merk ( Brand
) akan terbangun secara konstruktif dan efektif apabila produk dengan merk
tersebut benar-benar berkualitas, sebab merk dapat dikatakan sama dengan
kepercayaan konsumen.
Membangun Merk
( Brand ) tidak dapat hanya dilakukan
sebulan dua bulan, setahun, sepuluh tahun, membangun merk butuh waktu yang sangat
panjang. Semua tergantung kepada kualitas produk, banyaknya kopetitor, serta
faktor-faktor yang sangat mempengaruhi keadaan pasar.
Membangun Merk
( Brand ) harus dilakukan dengan cermat
dan fokus agar dikemuadian hari konsumen tidak hanya sekedar memilih produk,
melainkan memilih merk.
Ditukis oleh : Mas Sant Tosa
Ditukis oleh : Mas Sant Tosa
dari berbagai sumber.
No comments:
Post a Comment