NH

Sabtu, 15 Juni 2013

Definisi Merk/Brand


Apakah merk itu ?


Secara umum Merk ( Brand ) dapat didefinisikan sebagai nama, istilah, simbol, atau desain, atau kombinasinya, yang dimaksudkan untuk memperkenalkan barang atau jasa dari satu penjual atau beberapa penjual dan untuk membedakannya dari produk kompetitornya.


Merk ( Brand ) adalah sesuatu yang sangat penting untuk usaha di bidang apa pun dan untuk skala usaha seberapa pun besar atau kecilnya.

Merk ( Brand ) yang kemudian berbentuk simbol, atau desain, atau kombinasinya adalah sesuatu yang sangat penting, karena suatu Merk ( Brand ) akan mewakili karakter dan citra sebuah produk atau perusahaan.

Merk ( Brand ) yang kemudian berbentuk simbol, atau desain, atau kombinasinya adalah sesuatu yang sangat penting, karena suatu Merk ( Brand )  akan membangun timbulnya kepercayaan atau consumer trust dari konsumen terhadap suatu produk atau perusahaan.

Merk ( Brand ) yang dibangun dengan baik akan mempermudah proses penjualan suatu produk, karena adanya brand image yang baik tersebut konsumen akan lebih mudah mempercayai suatu produk.

Merk ( Brand ) harus dibuat dengan pertimbangan-pertimbangan yang dapat menguntungkan dari suatu Merk ( Brand ), yaitu : bagus dan menarik, mewakili karakter produk atau perusahaan dan yang paling penting adalan merk harus mudah diingat.

Selain Merk ( Brand ) harus juga dilengkapi dengan tag line atau slogan agar merk suatu produk mudah diingat. Contoh : Sakit Kepala ? PARAMEX OBATNYA.

Merk ( Brand ) yang bagus tak akan ada gunanya apabila tidak disosialisasikan dan dikomunikasikan, bisa melalui  promosi  dan iklan baik out door maupun in door, bisa melalui media elektronika : TV, Radio, Media On Line maupun media konvensional : Baliho, MMT, Leaflet dan lain-lain.

Merk ( Brand ) akan terbangun secara konstruktif dan efektif apabila produk dengan merk tersebut benar-benar berkualitas, sebab merk dapat dikatakan sama dengan kepercayaan konsumen.

Membangun Merk ( Brand )  tidak dapat hanya dilakukan sebulan dua bulan, setahun, sepuluh tahun, membangun merk butuh waktu yang sangat panjang. Semua tergantung kepada kualitas produk, banyaknya kopetitor, serta faktor-faktor yang sangat mempengaruhi keadaan pasar.

Membangun Merk ( Brand )  harus dilakukan dengan cermat dan fokus agar dikemuadian hari konsumen tidak hanya sekedar memilih produk, melainkan memilih merk.

Ditukis oleh : Mas Sant Tosa

dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar