NH

Sabtu, 08 Juni 2013

Rak Gondola untuk Supermarket


RAK GONDOLA PADA SUPERMARKET

RAK GONDOLA
Adalah jenis rak yang kebanyakan digunakan di supermarket atau minimarket. Rak gondola adalah jenis rak dengan bahan metal dan terdiri dari beberapa shelving. Shelving adalah tempat atau slot untuk meletakkan barang display.
Berbeda dengan jenis rak biasa, shelving pada rak gondola bersifat fleksibel dan dapat dipindahkan ketinggiannya. Rak gondola dirancang demikian karena barang dagangan supermarket/minimarket sangat beragam dan memiliki tinggi yang berbeda-beda.
Rak Gondola Single dengan 5 Shelving
Tinggi rak gondola juga sangat bervariatif dan dapat dipesan dengan variasi tinggi yang berbeda-beda. Namun umumnya gondola yang dipakai untuk rak minimarket adalah tinggi 120cm dan 150cm. Sedangkan tinggi gondola yang dipakai untuk rak supermarket pada umumnya memiliki tinggi 150cm, 180cm dan 200cm. Ada juga rak gondola dengan tinggi 220cm dan 240cm yang cocok dipakai untuk hypermarket. Rak gondola memiliki panjang sekitar 90cm. Jadi jika Anda ingin menggunakan rak gondola secara full pada ruangan dengan lebar misalnya 12m, maka Anda dapat menggunakan 12 rak gondola yang nantinya disambungkan secara berderet. Untuk penempatan rak gondola pada ujung maka Anda dapat menggunakan jenis rak gondola starting. Rak gondola ini mempunyai 2 tiang di sebelah kiri dan kanan. Sedangkan untuk rak sesudahnya, anda cukup menggunakan rak gondola jenis adjoin dimana rak toko ini hanya memiliki 1 tiang saja dan sisi tanpa tiang disambungkan dengan tiang dari rak sebelumnya. Dengan sistem deretan rak gondola seperti ini, maka kekuatan rak akan saling menopang dan semakin kuat.
Rak gondola yang digunakan untuk minimarket atau toko sering disebut dengan istilah rak swalayan atau rak minimarket. Sedangkan rak gondola yang digunakan untuk supermarket dan hypermarket sering disebut dengan istilah rak supermarket. Baik rak minimarket maupun rak supermarket, keduanya sebenarnya adalah sama,. Secara umum ada dua jenis rak gondola, yaitu rak dengan satu sisi yang biasa diletakkan di depan dinding, yaitu disebut dengan rak single. Sedangkan jenis kedua adalah rak gondola yang memiliki dua sisi yang disebut dengan istilah rak gondola double. Rak double diletakkan pada bagian ruangan atau bagian dalam supermarket. Penataan antara rak satu dengan rak lainnya harus memiliki jarak yang cukup sehingga tetap memberikan kenyamanan bagi pelanggan yang melihat barang pada rak berbeda yang bersebarangan. Jika memungkinkan jarak antara rak yang disarankan adalah berkisar antara 100-125cm untuk penataan rak supermarket. Namun untuk rak minimarket, jarak antara rak ini dapat diperkecil menjadi sekitar 85-100cm. Pada beberapa minimarket kecil, penataan jarak rak minimarket sampai dengan 75cm masih dapat dilakukan walaupun kurang dianjurkan.

A.     RAK SUPERMARKET 
Adalah jenis rak gondola yang digunakan pada supermarket untuk peletakan barang dagangan. Ada beberapa faktor yang perlu anda perhatkan sebelum memilih rak untuk supermarket Anda. Pertama adalah jenis dan kekuatan rak. Ada banyak tipe dan merek rak supermarket yang ada dipasaran. Yang perlu Anda ketahui adalah jenis plat yang digunakan, ketebalan plat, serta ketebalan tiang. Hal ini sangat menentukan apakah rak Anda cukup kuat untuk menampung dagangan Anda, apakah rak tetap akan terlihat bagus dan tidak miring. Faktor kedua adalah ukuran rak. Dengan memperhitungkan proporsi antara ketinggian ruangan di supermarket Anda, luas supermarket dan jenis barang dagangan yang akan didisplay, Anda dapat menentukan berapa tinggi rak yang paling cocok untuk supermarket Anda.
Rak Gondola Supermarket
Rak Gondola Supermarket
Jika Anda mendirikan supermarket baru, pada umumnya akan terdapat dua jenis rak utama yang Anda butuhkan. Jenis rak pertama adalah rak supermarket single. Rak jenis single ini mempunyai satu sisi atau single side, dimana biasanya rak ini diletakkan bersandar atau berdekatan dengan dinding ruangan Anda. Jenis rak kedua adalah rak supermarket double, yaitu jenis rak supermarket yang mempunyai dua sisi atau double side. Rak ini diletakkan pada bagian lorong untuk supermarket Anda.
1.    Rak Supermarket Single
Rak single untuk supermarket umumnya memiliki ketinggian 180cm. Sebenarnya terdapat berbagai macam variasi ketinggian, mulai dari 120cm sampai dengan 240cm. Anda dapat memilih sesuai dengan ketinggian ruangan Anda. Sebagai contoh Anda dapat menggunakan rak supermarket single dengan ketinggian 180cm, namun pada beberapa bagian, misalnya dibagian yang ketinggiannya terpotong oleh tangga naik, Anda dapat mengkombinasikan dengan rak single berukuran 120cm. Pada rak single ini diletakkan beberapa penampang yaitu tempat untuk meletakkan barang dagangan yang lazim disebut dengan istilah Shelving. Jumlah shelving untuk setiap rak ini juga tidak mutlak harus sama. Hal ini karena tipikal setiap barang memiliki ketinggian berbeda. Jadi bisa saja untuk jenis produk tertentu yang memakan space cukup tinggi, mungkin Anda hanya dapat meletakkan 4 shelving saja, namun untuk jenis produk lain dapat meletakkan 5-7 shelving.

2.    Rak Supermarket Double
Untuk alasan estetika, pada umumnya rak jenis double sengaja di setting untuk mempunyai ketinggian sedikit lebih rendah dibanding dengan rak single. Sebagai contoh jika rak single memiliki ketinggian 180cm, maka rak double biasanya dibuat berukuran 150cm. Demikian juga misalnya rak supermarket single dengan ukuran 200cm, maka untuk rak double dapat menggunakan ketinggian 180cm. Jika ruangan lebih besar dan memungkinkan. maka ada baiknya Anda menggunakan rak yang tidak terlalu tinggi. Rak terlalu tinggi mempunyai dua kerugian utama. Pertama adalah sulit bagi pelanggan untuk melihat dan menjangkau barang yang terlalu tinggi, akibatnya secara penjualan barang yang diletakkan di atas umumnya adalah barang yang slow moving, misalnya boneka besar, atau mainan berharga mahal. Ingatlah bahwa berdasarkan riset yang telah dilakukan, maka 70-80 persen konsumen yang berbelanja di supermarket adalah wanita yang pada umumnya memiliki tinggi yang lebih rendah ketimbang pria. Faktor kerugian kedua, adalah menggunakan rak tinggi berarti pencahayaan dan tata letak akan menjadi tertutup dan kurang terang. Jika kita amati saat ini, pelanggan lebih cenderung senang berbelanja di tempat yang lebih terbuka, more space dan terang untuk kenyamanan mereka. Jika Anda lihat banyak minimarket franchise modern sudah menerapkan hal ini dan menggunakan rak toko double dengan ketinggian 120cm-150cm saja. Bahkan pada hipermarket yang menggunakan rak double 180cm-200cm, maka tinggi ruangan dibuat lebih tinggi secara proporsional dengan penerangan cukup, sehingga sudut pandang pelanggan menjadi lebih luas dan berbelanja akan menjadi lebih menyenakangkan.

3.    Penataan Rak Supermarket
Penataaan rak supermarket juga tergantung dari posisi letak dari rencana penataan Anda. Misalnya dimana letak pintu utama, dimana letak toilet, dimana Anda ingin menaruh posisi meja kasir, serta dimana posisi pilar-pilar atau tiang penyangga bangunan Anda. Dari faktor-faktor ini nantinya Anda dapat merencanakan kebutuhan rak untuk supermarket Anda.



B.    RAK TOKO
Rak Gondola Toko
Rak Gondola Toko
Adalah jenis rak yang biasa digunakan sebagai rak di toko sebagai rak minimarket maupun untuk rak supermarket. Rak toko adalah jenis rak gondola berbahan metal dengan jumlah slot untuk penataan baris disebut dengan istilah shelving. Shelving ini dapat dirakit dengan sistem knock down dan dapat diatur posisi letak ketinggiannya. Jenis rak toko mempunyai ketinggian yang bervariatif dan dapat dipesan berdasarkan permintaan pelanggan. Namun ketinggian yang umum digunakan adalah 120cm, 150cm, 180cm dan 200cm. Ketinggian dari rak toko sebaiknya memperhatikan kondisi ketinggian maupun luas ruangan. Jika tinggi ruangan antara 3-4 meter dengan luas ruangan 15-20meter persegi atau standar ruko, sebaiknya anda menggunakan rak toko dengan ketinggian standar rak minimarket yaitu maksimum 180cm untuk rak yang berada di sisi samping dan belakang ruangan dan ukuran 150cm untuk rak yang berada di bagian tengah.
Rak toko yang terletak berhimpitan atau dekat dengan dinding disebut dengan istilah rak single. Disebut demikian karena rak toko jenis ini hanya mempunyai satu sisi / single, sedangkan sisi lainnya adalah bersandar atau berdekatan dengan tembok. Jenis rak toko kedua disebut dengan rak double karena rak toko jenis ini mempunyai dua sisi. Rak toko double diletakkan pada bagian tengah ruangan yang tidak berhimpitan dengan tembok.
Untuk pengaturan tata letak rak, Anda dapat mengaturnya sesuai dengan kemauan sendiri. Namun ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut. Hal pertama adalah lebar lorong. lorong terbentuk di antara dua rak yang ditata secara bersebelahan. Lebar antara rak diusahakan jangan terlalu sempit mengingat paling tidak harus cukup untuk dilewati oleh 2 orang yang berjalan pada posisi berlawanan. Ukuran lebar lorong untuk rak toko dianjurkan antara 80-100cm, atau untuk supermarket dengan ruangan yang luas dapat mempunyai lebar lorong sampai 120cm. Hal kedua adalah jarak antara meja kasir dan rak toko. Pada umumnya harus terdapat cukup jarak sehingga Anda akan mendapatkan ruangan yang cukup. Ruangan ini akan memiliki posisi strategis karena mudah dilihat oleh pelanggan. Anda dapat menaruh rak obral atau beberapa barang dagangan yang Anda tonjolkan pada event tertentu. Biasanya vendor supplier atau distributor akan membayar Anda untuk menyewa ruangan tersebut untuk men-display barang-barang mereka. Faktor ketiga yang tidak kalah penting adalah penataan barang pada rak toko itu sendiri.
Penataan produk pada rak toko hendaknya memudahkan pelanggan untuk mencari barang. Sebagai contoh sebaiknya barang-barang sejenis dikelompokkan pada rak yang berdekatan. Juga perhatikan penataan dengan melihat market sesuai tinggi badan. Misalnya taruhlah permen pada rak pada posisi bawah, sehingga mudah terjangkau oleh anak-anak.
Dari ketiga faktor di atas dan dengan memperhitungkan lokasi ruangan toko, maka dengan mudah Anda dapat mendesain layout rak toko dan memperkirakan kebutuhan budget rak toko untuk toko swalayan, minimarket, atau supermarket Anda.
Sumber dari http://www.rakgondola.com/

1 komentar:

  1. meskipun sedikit mahal tetapi rak minimarket mempunyai fungsi vital untuk menentukan kesuksesan usaha ritel

    BalasHapus