NH

Jumat, 08 November 2013

Integritas, Apakah Itu ???


Barang Apa Itu Integritas?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), integritas (noun) adalah mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yg utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg memancarkan kewibawaan; kejujuran.  Kata “integritas” berasal dari kata sifat Latin integer (utuh, lengkap. Yakni bahwa integritas adalah rasa suasana kebatinan dan  “keutuhan” yang berasal dari kualitas seperti kejujuran dan konsistensi karakter.

Memiliki integritas yang tinggi bagi seorang pemimpin, di level kepemimpinan manapun amatlah penting. Ippho Santoso (2010) mengatakan integritas akan melahirkan reputasi dan reputasi akan akan melahirkan kepercayaan. Integritas sering diartikan sebagai satunya pikiran, perkataan dan perbuatan. Jika merujuk pada kata asalnya, yaitu integer dan integration, maka integritas mempunyai makna berbicara dengan utuh dan sepenuh-penuhnya.
Menurut Henry Cloud (2007) ketika berbicara tentang integritas, kita berbicara tentang tentang menjadi orang yang utuh, yang terpadu, dan seluruh bagian diri kita yang berlainan bekerja dengan baik dan berfungsi sesuai rancangan. Ini mengenai keutuhan dan keefektifan sebagai orang. Ini benar-benar “bekerja dengan kekuatan penuh”.
Pendapat lain disampaikan Andreas Harefa dalam bukunya Manusia Pembelajar. Dalam buku tersebut dijelaskan salah satu definisi integritas adalah adalah “maining social, athical, and organizational norm, firmly adhring to code of conduct anda atichal principle”. Dengan pengertian tersebut integritas diterjemahkan menjadi tiga tindakan kunci (key action) yang dapat diamati (observable).
Pertama, menunjukkan kejujuran (demonstrate honesty), yaitu bekerja dengan orang lain secara jujur dan benar, menyajikan informasi secara lengkap dan akurat. Kedua, memenuhi komitmen (keeping commitment), yaitu melakukan apa yang telah dijanjikan, tidak membocorkan rahasia. Ketiga, berperilaku secara konsisten (behave consistently), yaitu menunjukkan tidak adanya kesenjangan antara kata dan perbuatan.
Bisa menyimpulkan bahwa integritas adalah soal tentang kualitas diri positif yang dimiliki seseorang yaitu berkata dan bersikap jujur, dapat dipercaya dan tidak pernah ingkar janji. Hal ini amat penting dan menjadi modal besar di dalam membangun hubungan yang positif dan saling menguatkan diantara para pemimpin bangsa ini dan masyarakatnya.

Di sampaikan Saan Mustopa dalam acara LKMM Madya Tingkat Universitas Diponegoro Tahun 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar